Sabtu, 28 April 2018


PENGEMBANGAN MULTIMEDI



Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video. Beberapa definisi menurut beberapa ahli: 
1.      Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2.      Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)
3.      Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan,2002)
4.      Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
5.      Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi’. 
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
1.      Media Teks
2.      Media Audio
3.      Media Video
4.      Media Animasi
5.      Media Graph / Image
6.      Media Interactivity
7.      Media Special Effect
Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
1.      Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat.
2.      Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar.
3.      Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat.
4.      Orang mampu mengingat 70% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan. (De Porter).
Setelah diketahui berbagai media tersebut maka saya lebih memilih mindmaping. Seperti kekurangan yang saya miliki seperti pelupa atau susah mengingat materi yang panjang, pembosan, suka dengan berwarna. Mind Maping pertama kali dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang Psikolog dari Inggris. Beliau adalah penemu  Mind Map (Peta Pikiran), Ketua Yayasan Otak, pendiri Klub Pakar (Brain Trust) dan pencipta konsep Melek Mental. Mind map diaplikasikan di bidang pendidikan, seperti teknik, sekolah, artikel serta menghadapi ujian.
Mind maping dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja koneksi-koneksi di dalam otak.
Kelemahan mind-map
Tentunya di samping banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pembelajaran mind map. Namun tidak menutup kemungkinan kelemahannya pun tentunya ada. Adapun kelemahan-kelemahan pembelajaran mind map ini adalah;
1.       Waktu terbuang untuk menulis kata-kata yang tidak memiliki hubungan dengan ingatan.
2.       Waktu terbuang untuk membaca kembali kata-kata yang tidak perlu.
3.       Waktu terbuang untuk cari kata kunci pengingat.
4.       Hubungan kata kunci pengingat terputus oleh kata-kata yang memisahkan.
5.       Kata kunci pengingat terpisah oleh jarak.
Kelebihan mind-map
Di samping manfaat dan kelemahan ada juga kelebihan dari pembelajaran mind map. Kelebihan-kelebihannya adalah sebagai berikut:
1.       Mudah melihat gambaran keseluruhan
2.       Membantu otak untuk: mengatur,mengingat,membandingkan dan membuat hubungan.
3.       Memudahkan penambahan informasi baru.
4.       Pengkajian ulang bisa lebih cepat.
5.       Setiap peta bersifat unik.
Berdasarkan penjabaran diatas maka media yang saya buat berupa mindmap mengenai materi hidrokarbon. Jika dilihat materinya, sesuai pengelaman diwaktu SMA saya agak kesulitan hal-hal apa saja yang harus saya pahami mengenai hidrokarbon. Sehingga saya membutuhkan energi untuk membaca secara keseluruhan, karena terlalu banyak yang dibaca sehingga tidak ada yang saya ingat. Maka dari itu saya lebih tertarik untuk mengembangkan media mindmap ini. Teman-teman juga dapat melihat langsung dengan alamat https://www.youtube.com/watch?v=ao8wH22Fi4I
QUESTION:
1.      Bagaimanakah menurut saudara/i mengenai media yang saya buat?
2.      Apakah dengan media mindmap dapat membantu seseorang dalam belajar?
3.      Media mindmap dikatakan dapat mengefesienkan waktu, apakah jika menggunakan media ini proses pembelajaran akan lebih efektif dan interktif?


15 komentar:

  1. saya ingin menaggapi pertanyaan nomor 3 apakah efektif menggunakan media diatas. menurut saya mind map cocok digunakan sebagai perkenalan sebelum masuk ke pelajaran. jika mau menggunakan mind map kita harus lihat dulu materi yang akan diajarkan apakah menggunkan rumus atau hanya penjelasan saja. mungkin pengoreksian dengan menggunakan media diatas membuat anak bingung lebih baik materi diterapkan di koloid yang memang hanya membutuhkan penjelasan. kurang cocok rasanya jika menggunakan materi hidrokarbon

    BalasHapus
  2. Saya ingin mencoba menanggapi permasalahan pertama saudari menurut saya mind map yang saudari buat akan lebih menarik jika disertai dengan gambar gambar bisa berupa gambar contoh maupun dalam kehidupan sehari hari sehingga siswa mampu menangkap lebih cepat karena kemenarikan mind map terletak di penampilannya.

    BalasHapus
  3. saya menanggapi permasalahn yang kedua. meurut saya tentu saja dengan menggunakan mind map dapat membantu kita dalam belajar, karena metode pembelajaran dengan mind map akan membuat pembelajaran yang kita lakukan lebih terstruktur dan tertata rapi serta berurutan, sehingga dapat membuat pemahaman yang penuh dan tidak ombang ambing karena materi yang dipelajari tidak berstruktur/acak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan saudara atma karena dengan mind map Kita dapat mempetakan APA" yang perlu dipahami sehingga dengan pemahaman sederhana namun bermakna dapat meperlyas pemahaman sehingga tidak mudah terlupakana karena pemahaman konsep yang mantap

      Hapus
    2. Menanggapi permasalahan nomor dua terkait apakah dengan media mindmap dapat membantu seseorang dalam belajar, menurut saya kembali pada diri setiap individu. Ada siswa yang dapat memahami materi dengan mindmap, namun ini juga dapat membuat pemikiran ataupun pembelajran menjadi terpoint-point. sehingga dapat mudah dipahami. materi yang banyak menjadi lebih ringkas jika telah dibuat mind map.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Saya setuju dengan pendpaat saudara novi dimana dalam berbicara mengenai media apa yg cocok itu dikembalikan lagi dengan siswanya apakah siswanya merupakan pembelajaran dengan cara audio, atau visual . Oleh karenanya media mindmap ini cocok untuk siswa yg visual atau sisea yg tidak suak menghapal

      Hapus
    5. Saya setuju dengan pendpaat saudara novi dimana dalam berbicara mengenai media apa yg cocok itu dikembalikan lagi dengan siswanya apakah siswanya merupakan pembelajaran dengan cara audio, atau visual . Oleh karenanya media mindmap ini cocok untuk siswa yg visual atau sisea yg tidak suak menghapal

      Hapus
  4. Media mindmap ini cukup praktis digunakan karena bentuknya simple, dimana materi yang panjang dapat dikompres sedikit mungkin dalam mind map, dengan begitu maka anak lebih mudah memahami suatu materi nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan santa yang mana video anda harus lebih didekatkan lagi agar apa yang anda jelaskan lebih terlihat agar siswa lebih mengerti mind map anda

      Hapus
  5. saya akan menanggapi permasalahan dari saudara dimana Bagaimanakah menurut saudara/i mengenai media yang saya buat.
    menurut saya perlu adanya pengodean dalam anda membuat mind map sehingga siswa dapat memetakan konsep pembelajaran dalam pemikirannya, dengan begitu siswa dapat mengingat materi yang anda sampaikan

    BalasHapus
  6. saya akan menjawab pertanyaan nomor 2.
    bahwa mind map ini tentunya membantu siswa untuk memudahkan dalam belajar, selain itu dengan mind map juga dapat :
    Menghemat waktu
    Menyelesaikan masalah
    Memusatkan perhatian
    Menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran
    Mengingat dengan lebih baik
    Belajar lebih cepat dan efesien

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sependapat dengan intan,saya ingin menambahkan sedikit yang mana mind map dapat
      mind map juga ternyata dapat membantu kita:
      1. mempermudah dalam menghafal
      2. Merencana
      3. Berkomunikasi
      4. Belajar lebih cepat dan efesien
      Melihat “gambar keseluruhan”
      karena dengan adanya mind map kita dapat melihat keseluruhan dari materi secara ringkas

      Hapus
  7. Menjawab permasalahan pertama
    Menurut saya mindmap yg anda buat sudah bagus karena materi yg kompleks bisa dibuat menjadi sebuah peta yg sederhana untuk memudahkan siswa memahami materi pembelajaran, selain itu audio yg anda sajikan juga dapat menarik perhatian siswa untuk belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan mutia, dnegan mind map membantu siswa yang malas membaca sehingga ia hanya mengingat konsep nya saja

      Hapus

Fenil Propanoid

FENILPROPANOID  A.    ASAL USUL Fenilpropanoid merupakan suatu kelompok senyawa fenolik alam yg berasal dari asam amino aromatik fen...