Rabu, 22 Agustus 2018

Karateristik Senyawa Organik Bahan Alam


KARAKTERISTIK SENYAWA ORGANIK BAHAN ALAM

Gambar terkait
Kimia organik Bahan alam adalah ilmu kimia senyawa atau molekul yang berasal dari sumber daya alam hayati: Tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme teresterial, dan laut. Yang membahas tentang :
1.      Struktur dasarnya,
2.      Terdapatnya / biosintesisnya
3.      Sifat-sifatnya,
4.      Reaksi pengenalan.
Senyawa organik bahan alam umumnya terdiri atas 2 yaitu :
Metabolik primer
Produk metabolis primer : sama untuk semua organisme
Contoh :
ü  Polimer alam
ü  Polisakarida
ü  Protein
ü  Lemak
ü  Asam Nukleat
Metabolik sekunder
Produk metabolism sekunder : bergantung pada spesies
Contoh :
ü  Terpenoid
ü  Steroid
ü  Flavonoid
ü  Poliketida
ü  ü   Alkaloid
Kajian kimia organik bahan alam meliputi senyawa-senyawa yang berasal dari sumber hayati seperti mikroorganisme, tanaman maupun hewan. Beragamnya senyawa yang berhasil ditemukan baik yang terjadi secara alami, merupakan salah satu pertimbangan perlunya pengkhususan dalam mempelajari senyawa-senyawa dari alam. Secara garis besar senyawa-senyawa tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsi dan proses terbentuknya menjadi da kelompok yaitu metabolit primer dan metabolit sekunder( Sahidin, 2013).
Fungsi karbohidrat, protein, dan lemak pada makhluk hidup sudah jelas, antara lain karbohidrat sebagai sumber energi dan protein untuk pertumbuhan. Hal tersebut  berlaku secara umum pada semua makhluk hidup. Nutrien-nutrien tadi disebut sebagai metabolit primer. Tumbuhan pada saat kena hujan atau panas tidak dapat menghindar atau lari untuk berteduh, tetapi tumbuhan tersebut mengeluarkan atau menghasilkan senyawa tertentu yang dapat melindungi dirinya dari pengaruh hujan atau panas. Senyawa-senyawa yang dimaksud disebut dengan metabolit sekunder ( Sahidin, 2013).

Karakteristik dari senyawa bahan alam :
Metabolik primer
1.      Tersebar merata dalam tiap organisme
2.      Fungsi universil, sumber energy, enzim, pengemban keturunan, bahan struktur
3.      Perbedaan stuktur kimia kecil
4.      Kaktifan fisiologi berkaitan denga struktur kimia
Metabolik sekunder
1.      Tersebar tidak merata dalam tiap organisme
2.      Fungsi ekologis, penarik serangga, pelindung diri, alat bersaing, hormon
3.      Perbedaan stuktur kimia tergantung pada pengembangan kimia organik dan hubungan antara struktur dan keaktivan
4.      Kaktifan fisiologi berkaitan dengan struktur kimia dan hubungan antara struktur.
5.      Sebagian besar dari metabolik sekunder adalah turunan dari lemak

Hubungan metabolit primer dan metabolit sekunder
Metabolit sekunder terbentuk dari metabolit primer melalui berbagai jalur metabolisme yang disesuaikan dengan tujuan dan kondisi lingkungan tumbuhan tersebut tumbuh (Sahidin, 2013).

DAFTAR PUSTAKA
Achmad, S.A., 1986, Buku Materi Pokok : Kimia organik Bahan Alam, Penerbit Karunia Jakarta, Universitas Terbuka, Jakarta.

Sahidin, 2013, Mengenal Senyawa Alami: Pembentukan dan Pengelompokan Secara Kimia, Penerbit Universitas Haluoleo, Kendari.

PERMASALAHAN
Seperti kita ketahui fungsi dari metabolisme primer sangat esensial terhadap kelangsungan hidup organisme, dan merupakan produk akhir yang terbentuk secara intraseluler. Contohnya: protein, karbohidrat, dan lemak. Jadi apakah yang terjadi jika molekul tersebut diproduksi secara berlebihan? Dan adakah hubungannya dengan metabolit sekunder?

5 komentar:

  1. Baiklah saya akan menjawab permasalahan anda
    Menurut saya tidak apa-apa karena tanpa adanya metabolisme primer, suatu organisme akan terganggu pertumbuhan, perkembangan, serta reproduksinya, dan akhirnya mati. Berbeda dengan metabolisme sekunder merupakan proses yang tidak esensial bagi kehidupan organisme. Tidak ada atau hilangnya metabolit sekunder tidak menyebabkan kematian secara langsung bagi tumbuhan, tapi dapat menyebabkan berkurangnya ketahanan hidup tumbuhan secara tidak langsung (misalnya dari serangan herbivore dan hama), ketahanan terhadap penyakit, estetika, atau bahkan tidak memberikan efek sama sekali bagi tumbuhan tersebut.

    BalasHapus
  2. saya ingin menjawan pertanyaan icha, apa yang terjadi jika tubuh memproduksi secara berlebihan? pastinya akan mengganggu proses metabolisme serta akan menimbulkan penyakit seperti pepatah yang mengatakan sesuatu yang berlebihan itu tida baik

    BalasHapus
  3. Saya akan menjawab permasalahan sudari dimana metabolisme primer adalah Adalah  suatu metabolit atau molekul yang merupakan produk akhir atau produk antara proses metabolisme makhluk hidup yang fungsinya sangat esensial bagi kelangsungan hidup organisme tersebut. Contohnya : protein, lemak, karbohidrat dan DNA. Pada umumnya metabolit primer tidak diproduksi berlebihan. Pada sebagian mikroorganisme, produksi metabolit yang berlebihan dapat menghambat pertumbuhan, dan kadang- kadang dapat mematikan mikroorganisme tersebut, proses metabolisme untuk membentuk metabolit primer disebut metabolisme primer.

    BalasHapus
  4. kelebihan karbohidrat : diabetes, memicu penyakit jantung, mengganggu proses metabolisme tubuh.
    kekurangan karbohidrat : kerusakan jaringan, kekurangan glukosa dalam darah, marasmus.

    kelebihan lemak : peradangan di dlm arteri, prtmbahan berat badan, obesitas, dpt menimbulkn kanker, meningkt resiko penykit jantung,.
    kekurngn lemak : menyebbkn depresi, sulit konsentrasi, autis, mrs lelah, daya ingt lemah, melemhnya fungsi otak.

    kelebihan protein : obesitas, mengganggu metabolisme protein yg brd di hati, dapt menggnggu ginjal, meningktkn kadar keasmn tubuh, gangguan pncernaan ( kembung, skt maag, sambelit, dll.)
    kekurngn protein : kurngnya prtumbuhn, daya tahan tubuh brkurang, keruskn pd liver, trkena penykt kwashiorkor dan marasmus.

    BalasHapus
  5. saya ingin mencoba menanggapi permasalahan saudari,
    menurut saya,
    Fungsi karbohidrat, protein, dan lemak pada makhluk hidup sudah jelas, antara lain karbohidrat sebagai sumber energi dan protein untuk pertumbuhan. Hal tersebut berlaku secara umum pada semua makhluk hidup. Nutrien-nutrien tadi disebut sebagai metabolit primer. Tumbuhan pada saat kena hujan atau panas tidak dapat menghindar atau lari untuk berteduh, tetapi tumbuhan tersebut mengeluarkan atau menghasilkan senyawa tertentu yang dapat melindungi dirinya dari pengar Metabolit sekunder terbentuk dari metabolit primer melalui berbagai jalur metabolisme yang disesuaikan dengan tujuan dan kondisi lingkungan tumbuhan tersebut tumbuhuh hujan atau panas. Senyawa-senyawa yang dimaksud disebut dengan metabolit sekunder. Menurut saya jika metabolism primer berlangsung berlebihan maka akan mebuat metabolism sekunder juga demikian.

    BalasHapus

Fenil Propanoid

FENILPROPANOID  A.    ASAL USUL Fenilpropanoid merupakan suatu kelompok senyawa fenolik alam yg berasal dari asam amino aromatik fen...